image1 image2 image3

HELLO I'M SALMAN ALFA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL GRAPHIC DESIGNER

Alhamdulillah - salmanalfa.blogspot.com bisa diakses lagi





Post ini merupakan hasil dari kekhawatiran saya beberapa waktu yang lalu. Saat online di kampus, saya mencoba membuka blog saya (salmanalfa.blogspot.com). Ternyata loading lama dan akses ditolak. Saya mencoba mengontak teman saya yang pada waktu itu ada di sebelah saya (online juga) untuk membuka blog saya. Ternyata juga akses ditolak. Saya sempat terheran. Muncul pertanyaan, apa blog saya dianggap spam oleh si mbah google ya?

Langsung pada saat itu juga, saya browsing mencari artikel yang berhubungan dengan spam. Sejauh dari artikel yang saya baca, memang ada indikasi yang menunjukkan bahwa blog saya mungkin dianggap spam oleh google.
Berikut saya uraikan karakter dari spam tersebut. Kita mulai pengertian spam dari wikipedia. 

Spam yang bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroupspam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blogspam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet. (Wikipedia)


Seperti penjelasan dari wikipedia di atas, spam seperti halnya email yang tidak berguna dikirim bertubi-tubi kepada blog atau buku tamu. Ini menguatkan saya bahwa ada yang berkomentar pada blog saya, yang mungkin mengirim/memberikan link website yang mengaktifkan spam. Karena saya curiga dengan komentator dari salah satu post saya yang mengirimkan link yang tidak saya kenali. Anggapan saya ini semakin kuat setelah membaca dari mashendri.com

Spam adalah semacam teks yang dikirim oleh suatu mesin/robot komputer melalui e-mail,buku tamu web, shoutbox dan form-form isian lainnya, termasuk form komentar yang ada di Wordpress. Dan mengenai isinya, hanya berupa iklan-iklan ndak jelas, iklan sampah, link-link nggak mutu, wah pokoknya dipandang aja nggak nyenengin.Itulah SPAM. (mashendri.com)

Untuk kawan-kawan blogger yang juga sering ngeblog, harus lebih berhati-hati untuk menampilkan komentar dari pengunjung yang tidak diketahui dan mencurigakan. Langkah antisipasinya adalah dengan mengaktifkan moderasi komentar. Jadi komentar yang anda setujui boleh dipublish dan disebarkan. 

Share this:

CONVERSATION