image1 image2 image3

HELLO I'M SALMAN ALFA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL GRAPHIC DESIGNER

Pengantar Teknologi Informasi (Resume 1)

 
Berita dapat menyebar secara cepat dan aktual pada dekade ini. Berita di benua lain dapat tersampaikan ke rumah kita hanya dalam waktu sepersekian detik. Berita kebakaran di Washington, bencana banjir di Meksiko, Pertandingan Piala Dunia, Jakarta Kebanjiran, dan lain-lain dapat kita akses hanya berdiam diri di rumah saja. Berita-berita itu dapat tersebar ke seluruh dunia hanya selisih beberapa sepersekian detik saja. Melalui televisi,radio, internet, dan  alat komunikasi lainnya, berita itu dapat menyebar secara cepat dan aktual. Tidak hanya itu, pada periode ini, manusia sudah mampu berkomunikasi dengan rekannya di negara lain dalam waktu yang sama. Lebih jauh lagi manusia tidak hanya bekomunikasi via audio saja tetapi sudah dikembangkan dengan teknologi Live -Streaming, artinya manusia dapat melihat dan berkomunikasi secara langung denga lawannya pada saat itu juga. Semua itu merupakan dampak dari perkembangan teknologi informasi.Sebelum membahas lebih jauh tentang teknologi informasi, ada baiknya untuk membahas tentang pengertian dan komponen teknologi informasi.

TEKNOLOGI INFORMASI
Pengertian Data
Data adalah fakta, kumpulan fakta, diperlakukan sebagai raw materials
Jenis data yaitu teks,gambar,audio dan video

Secara menyeluruh, pengertian data adalah fakta dunia yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.

Pengertian Informasi
Informasi adalah kumpulan data yang sudah dimanipulasi atau diolah dan memiliki makna di dalam konteksnya. Jadi informasi dapat terbentuk jika telah ada data sebelumnya. Secara grafis, dapat dilihat pada skema berikut.


Data > PROSES > Informasi

Informasi
- Kumpulan data  yang sudah diolah
- Memiliki makna di dalam konteksnya
- Data setelah manipulasi

Sifat Informasi
Perfect (sempurna, pasti). Informasi yang bersifat sempurna/pasti artinya informasi yang diberikan informan tidak lagi mengandung sesuatu yang perlu ditanyakan lagi atau dibahas ulang. Informasi harus absolute dan mutlak.
Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian). Informasi yang bersifat tidak sempurna lebih mudah disebut dengan informasi yang tidak berdasar. Artinya hanya merupakan sekedar wacana dan tidak bersumber dari data (fakta) sebenarnya.


Sumber Informasi
  1. Observasi – seperti hasil studi lapangan, peristiwa alam, dan pengamatan
  2. Kuesioner – seperti angket, voting, dan polling
  3. Event(pencatatan) – seperti reportase kegiatan dan laporan kegitan
  4. Pemodelan (simulasi, forecasting(prediksi))
  5. Mediamassa
  6. Alat komunikasi
  7. Alat elektronis,dll
 Karakteristik Informasi yang Baik
  1. Tepat waktu
  2. Akurat
  3. Mudah diakses
  4. Menghilangkan keraguan
  5. Berhubungan
  6. Berdasarkan fakta
Informasi yang baik harus mencakup poin-poin tersebut. Akan menjadi informasi yang tidak berguna jika meninggalkan salah satu atau beberapa poin tersebut.

ABAD EVOLUSI
Abad Pertanian(tahun <1800)
Bertani, menggunakan tenaga manusia dan  tangan
Abad Industri (1800-1957)
Bekerja dipabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin
Abad Informasi(1957-sekarang)


Masyarakat Informasi
Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat  dimana lebih banyak orang  bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.

Pengertian Teknologi
Ilmu yang berkaitaan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan.

Tujuan dan Fungi Teknologi
Tujuan: memecahkan masalah, membuka kreatifitas, efektifitas dan efisiensi

Komponen Teknologi
  1. Hardware à merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi. Misalnya handphone, CPU, IC, monitor, notebook, keyboard, mouse, PDA (Personal Data Assistent), MP3 player, dan perangkat keras lain yang sifatnya dapat dipegang.
  2. Software à objek yang membentuk konfigurasi dimana di dalamnya termasuk program, dokumen, data.
  3. Brainware à manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.
  4. Firmware à software yang ditanamkan ke perangkat keras secara semi permanen. Misalnya BIOS, atau instruksi yang disimpan permanen di ROM. Firmware sifatnya pabrikan, artinya pen-setting-an firmware dilakukan oleh pabrik produsen yang memerlukan teknik dan prosedur khusus dan kompleks. Pertanyaan saya berbulan-bulan akhirnya terjawab. Dulu saya bertanya-tanya, “Mengapa saya tidak boleh meng-update BIOS notebook?” Setiap kali saya menginstallkan driver untuk PC/Laptop klien pasti saya tidak pernah menyentuh driver master update BIOS. Akhirnya terjawab sudah bahwa mengupdate BIOS terlalu riskan dan berbahaya. Kalau BIOS yang terinstall tidak kompatibel dengan hardware-nya maka sama artinya dengan hardware yang mati suri alias “dead-locked”. Saya merekomendasikan untuk teman-teman yang masih belajar instalasi software dan hardware, jangan sekali-kali untuk mengupdate BIOS kecuali diserahkan pada pihak yang lebih berkompeten dan mengerti. Atau lebih baik langsung berkonsultasi dengan pihak Official Officer-nya.
  5. Infoware à user manual, SOP, cyber law.

Dirangkum dari matakuliah Pengantar Teknologi Informasi yang disampaikan oleh Bapak Didik Dwi, S.T, M.T

Share this:

CONVERSATION