image1 image2 image3

HELLO I'M SALMAN ALFA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL GRAPHIC DESIGNER

Sholat Id (Sholat Hari Raya)




Tidak ada salahnya jika saya dan keluarga memohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan. Mungkin ada salah ucap dan salah tindakan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Minal Aidin wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Menjelang hari raya Idul Fitri 1431 H ini saya ingin memposting tentang tatacara sholat id khususnya sholat Idul Fitri. Semoga dengan posting saya ini, pembaca yang sebelumnya masih lupa-lupa ingat dapat teringat kembali tentang bacaan sholat id.
Sholat Id hukumnya sunnat mu’akkad bagi laki-laki dan perempuan, jika yang bermukin atau musafir. Boleh dikerjakan sendiri dan lebih baik jika dikerjakan berjama’ah.
Sholat hari raya ada dua, yaitu: Idul Fitri tanggal 1 Syawal dan Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah. Waktu sholat Id dimulai dari terbit matahari sampai matahari condong.
Cara Mengerjakannya
1.  Pada waktu pagi hari tanggal 1 Syawal, setelah kita menunaikan sholat shubuh dan setelah kita mandi sunat hari raya. Kemudian berangkat menuju masjid atau tanah lapang, dengan memperbanyak Takbir.
2.  Setelah sampai di masjid sebelum duduk disunnatkan mengerjakan sholat Tahyatul masjid dua raka’at. Jika di tanah lapang tidak ada tahyatul masjid, hanya setelah tiba di tanah lapang kita terus duduk dan ikut mengulang-ulang bacaan takbir hingga dimulainya sholat Id tersebut.
3.  Lafazh niat sholat Id sebagai berikut.
Bila sholat Idul Fitri, niatnya sebagai berikut.

Ushallii sunnatal li iidil fitri rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat sholat Idul Fitri dua raka’at (makmuman/imaman) karena Allah Ta’alaAllaahu Akbar.

Bila sholat Idul Adha, niatnya sebagai berikut.

Ushallii sunnatal li iidil adhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya berniat sholat Idul Adha dua rakaat (makmuman/imaman) karena Allah Ta’ala.Allahu Akbar
4.  Pada rakaat yang pertama, sesudah niat, lalu membaca takbirotul ikhram, kemudian membaca doa iftitah, lalu takbir 7 kali, dan setiap habis takbir disunnatkan membaca:

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Maha Besar”
Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut, kemudian membaca surat Fatihah dan ditambah surat yang disukai (lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A’la)
5.  Pada raka’at kedua, setelah berdiri lalu membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunnatkan membaca tasbih seperti pada rakaat pertama. Kemudian membaca surat Fatihah dan ditambah dengan surat yang disukai, dan yang lebih utama membaca surat Al-Ghasyiah.
6.  Sholat Id dikerjakan sebagaimana sholat yang lain. Dan dikerjakan dalam dua rakaat.
7.  Khutbah dilakukan dua kali sesudah sholat Id, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan membacanya berturut-turut.

Hal-hal yang perlu dikerjakan sebelum sholat Id
1.      Pada hari raya disunnatkan untuk mandi, berpakaian yang bagus, dan memakai wangi-wangian.
2.      Disunnatkan untuk makan dahulu sebelum pergi sholat Idul Fitri, tapi pada hari raya Haji, disunnatkan tidak makan kecuali setelah sholat.
3.      Waktu kembali dari sholat Id, disunnatkan untuk mengambil jalan yang berlainan daripada berangkatnya.

Dirangkum dari Buku Penuntun Sholat Lengkap dengan Kumpulan Do’a Do’a  disusun oleh M. Samsuri dan diterbitkan oleh Apollo Surabaya.

Share this:

CONVERSATION