image1 image2 image3

HELLO I'M SALMAN ALFA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL GRAPHIC DESIGNER

Augmented Reality untuk Skripsi Tersayang...

Assalamualaikum bro, sist, gan!
Terasa lama sekali tidak menyentuh blog ini. Rasanya sudah beberapa dekade tidak nge-blog. Alasannya sederhana, sibuk! Memang kesibukannya menguras tenaga dan pikiran. Sampai-sampai lupa nggak mandi. Lho!
Pada posting kali ini, saya ingin berkomitmen untuk menyelesaikan skripsi. Ya, skripsi! Pada masa sebelumnya, tuntutan kerjaan dan pencarian "prestasi" jadi incaran. Sekarang, harus kembali ke kodrat mahasiswa. Skripsi! Serremmm!
***

Topik skripsi yang akan saya ambil adalah tentang teknologi Augmented Reality. Sebuah teknologi yang mampu menggabungkan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara realtime. Untuk lebih pas, implementasi bisa dilihat pada gambar berikut.
Implentasi Augmented Reality untuk produk komersial
Tertanggal hari ini (24 Agustus 2013), saya masih dalam proses belajar untuk memahami penggunaan Augmented Reality (lebih enak disingkat AR saja) dari berbagai development kit, mulai dari ARToolkit, Flartoolkit, Vuforia, dll.
Menurut saya, 5 tahapan yang paling sederhana untuk bisa menguasai AR adalah sebagai berikut:
  1. Membuat aplikasi AR yang simple (seperti memunculkan benda).
  2. Memberikan tekstur pada objek 3D.
  3. Merespons beberapa marker/image-target
  4. Memberikan animasi ke dalam objek 3D
  5. Memberikan video untuk disematkan ke dalam aplikasi.
Kelima tahapan itu yang akan saya tuntaskan. Selebihnya untuk implementasinya tinggal menekuni programming-nya.
***
Berikut ini gambar-gambar perkembangan belajar AR saya.
Perkembangan 1 - Menampilkan objek teks. Sayang, belum ada teksturnya.
Pada perkembangan 1 itu, development kit yang saya gunakan adalah Flartoolkit. Penggunaan flartoolkit memang lebih sederhana. Sayangnya, objeknya belum bisa memberikan tekstur yang wow!
Bagi developer newbie yang ingin menggunakannya, harus menguasai Adobe Flash dan Action Script 3.0.
Perkembangan 2 - Objek 3D-nya pakai model mobil dan memiliki tekstur yang wow! pakai banget!
Pada perkembangan 2 itu, saya menggunakan vuforia dan unity. Hasilnya lebih mangstappp! Tapi yang menjadi kendala adalah aplikasi yang dihasilkan masih berukuran cukup besar. Untuk menampilkan mobil itu saja, ukuran dari deploy program-nya sebesar 15Mb. Sebuah ukuran yang besar untuk aplikasi android.
***
[Hari Senin, 26 Agustus 2013]
Perkembangan 3 - Textured 3D object ditambah dengan animasi teks "Salman" di atas mobil. 
Pada perkembangan ketiga tersebut, saya bisa untuk menambahkan animasi ke dalam objek AR. Animasi saya buat di 3DMax kemudian saya export ke FBX dan di-import ke Unity. Pada awalnya, animasi tidak berjalan. Kuncinya pada setting Animation Type menggunakan Legacy. Sayang, urusan animasi dan 3D modelling, saya buka jagonya. Tapi harus berusaha! Oh ya, itu teksnya ada animasinya, cuma agak males buat record jadi video, jadi ribet!

sekian dulu untuk perkembangannya, nantikan perkembangan berikutnya dalam waktu dekat.
Love you, as always, skripsiku!



Share this:

CONVERSATION