image1 image2 image3

HELLO I'M SALMAN ALFA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL GRAPHIC DESIGNER

Pengenalan Magento (Shopping Cart)




Pada posting kali ini, saya akan berbagi pengetahuan sedikit saya tentang Magento yang merupakan salah satu shopping cart. Pengetahuan ini saya peroleh dari Pak Didik Dwi Setya, S.T., M.T. (Dosen Elektro) yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat Ibu Anik (Dosen Elektro) tentang pot bunga dan sanitair beberapa minggu lalu. Informasi kegiatan tersebut dapat Anda baca di posting ini.



Sebelumnya saya menyarankan Anda mengunjungi situs potbunga-malang.com terlebih dahulu. Jika sudah, mari kita mulai postingnya. (ehemmm..hem…hem…)


Magento adalah adalah aplikasi e-commerce (disebut juga online store atau shopping cart) berbasis web dengan fasilitas sangat lengkap. Berikut penjelasan singkat dari official website dari magento yang saya kutip sedikit.


“Magento is the eCommerce software platform for growth that promises to revolutionize the industry. Its modular architecture and unprecedented flexibility means your business is no longer constrained by your eCommerce platform. Magento is total control.”


Berikut ini, print preview dari proyek website oleh Pak Didik tentang UD. Dharmo Putro. Atau barangkali teman-teman mau belanja pot, bisa mengunjungi situs ini.



Magento merupakan open source yang hakikatnya merupakan metode pengembangan software yang menyertakan source code, dan mengizinkan pemakaian atau perubahan seperti apapun terhadap source code tersebut. Jadi, open source merupakan cara pengembangan/distribusi software yang membolehkan siapapun memperoleh, mengubah, dan mendistribusi ulang software tersebut. Namun setelah saya mengunjungi situs in magento, perusahan tersebut sudah merilis Professional Edition dan Enterprise Edition  yang sepertinya sudah menjadi komersil atau diperjualbelikan.


Sekian dulu pengenalan sedikit ini. Insyaallah akan dilanjutkan dengan tutorial instalasi offline Magento dan operasi sederhananya.


Sebagai penutup saya kutip komentar dari perusahan ternama tentang Magento


"Magento is going to win the eCommerce software war, hands down. I've never seen another ecommerce platform well architected and well designed as Magento." (redhat)


"Magento is a robust e-commerce software application designed to be simple to customize." (Inc.)


Terima kasih. Keep blogging !

Share this:

CONVERSATION